Inilah Level dalam Dunia Startup di Indonesia

Jika sebelumnya sudah kami bahas sedikit mengenai perusahaan-perusahaan startup yang bisa memiliki potensi sebagai perusahaan Raksasa. Maka, pada artikel yang satu ini akan langsung memberitahu adanya level-level dalam dunia Startup di Indonesia. Dunia Startup sendiri semakin hari semakin pesat saja perkembangannya. Bahkan di Indonesia sendiri menjadi jumlah dari Startup yang kian hari kian bertambah saja. Disini para korporat perusahaan juga langsung saja berbondong-bondong yang mana mendirikan startup tersebut. Dimana dari berbagai sektor sudah memiliki startup yang misalnya saja dalam dunia Ekonomi, lalu Transportasi, Pangan, lalu distribusi sampai dengan pertanian. 

Misalnya seperti Startup Gojek, Shopee, lalu Bukalapak dan Tokopedia juga tidak akan pernah asing di telinga kalian semua. Bahkan beberapa diantaranya sudah langsung saja menjadi Unicorn dalam dunia Startup. Akan tetapi tidak ada sedikit juga yang tutup buku di dunia Startup ini sendiri. 

Apakah hal ini memang bisa terjadi ? ya hal ini memang biasanya tidak mampu untuk bersaing dengan adanya startup lainnya. Sehingga konsumen ini sendiri menjadi jauh lebih sedikit dan juga investor tidak akan tertarik lagi untuk berinvestasi pada perusahaan ini. Lalu apa saja levelan yang ada di dalam dunia Startup itu sendiri ? yuk langsung saja lihat semua informasi yang ada di bawah ini. 

 

Leveling Startup yang ada di Indonesia 

Jika memang kalian ingin menilai adanya nilai Startup, maka ada juga beberapa cara yang bisa digunakan. Cara yang memang paling kudah ini mampu menunjukkan adanya profit bisnis. Ada berapa banyak fitur yang telah langsung dibuat oleh respon dari para pengguna dan juga sampai dengan pertumbuhan dari si penggunanya. 

Dalam dunia  Startup ini sendiri, ada sekiranya 6 tingkatan yang dimulai dari Cockroach hingga Hectocorn. Lalu dari tingkatan awal Startup ini biasanya menandakan adanya beberapa langkah pertama dari setiap pertumbuhan Startup. Memulai bisnis ini dengan sangat giat dalam melakukan promosi sampai dengan menaklukan tantangan untuk mengembangkan Valuasinya ke tingkat selanjutnya. 

1.1 Level Startup Cockroach 

Untuk tingkatan yang satu ini sudah dinamakan langsung dengan Cockroach yang berarti nini adalah Startup tersebut yang masih kecil atau memang baru saja dirintis. Umumnya untuk Valuasi ini sendiri dimiliki oleh Startup dari tingkat Cockroach dan masih terbilang sedikit. 

1.2 Level Startup Pony

Lalu  tingkatan selanjutnya adalah pony, yang berarti  startup ini sendiri memiliki adanya nilai valuasi sampai dengan USD 10 Juta atau setara dengan adanya Rp. 141 Miliar. Sesuai langsung dengan namanya yang berarti kuda Pony dan masih baru serta lincah dalam perkembangannya. 

1.3 Level Startup Centaurs

Lalu di tingkat yang ketiga ini sendiri adalah Centaurs yang menjadi istilah dari makhluk dalam kisah Mitologi Yunani yang memiliki badan kuda namun memiliki kepala manusia. Umumnya Centaurs ini sudah memiliki langsung level bisnis yang sudah sedang dan juga giat sekali dalam perkembangannya. 

1.4 Level Startup Unicorn 

Tingkatan yang keempat, dimana adanya Startup yang sudah tergolong besar yakni di kasta Unicorn. Lalu Startup dengan tingkatan Unicorn ini sudah memiliki nilai Valuasi sebesar USD 1 Miliar  atau hanya sekitar Rp. 14 triliun. Dan pada saat ini, bisa langsung berada di beberapa Startup di Indonesia yang langsung menyandang Level Unicorn antara lain Traveloka, lalu Tokopedia dan terakhir adalah Bukalapak. 

1.5 Level Startup Decacorn 

Lalu untuk tingkatan kelima yang satu ini, ketika memang sebuah perusahaan startup yang memiliki Valuasi senilai lebih dari USD 10 Miliar atau sekitar Rp 141,4 triliun. Tingkatan startup Decacorn ini sendiri seperti Grab yang berasal dari Singapura dan juga Gojek. Dinilai sendiri ini adalah Startup pertama dari Indonesia yang mana mampu saja mencapai tingkat Decacorn di awal bulan April tahun 2019 kemarin. 

1.6 Level Startup Hectocorn 

Yang mana ini adalah tingkatan atas yang sudah langsung memiliki Valuasi senilai lebih dari USD 100 Miliar dari sbobet indonesia atau setara langsung dengan nilai Rp. 1,414 Triliun. Perusahaan ini sudah sampai di tingkatan Hectocorn  di anata lainnya seperti Alibaba, Lalu Facebook, ada juga Microsoft, Google dan Apple.

 

Contoh Startup Indonesia yakni GOJEK 

Alamat Kantor Gojek Terbaru & Cara Pendaftaran GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, GoBox Online Offline - DIREKTORI

Gojek sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu dari perusahaan startup yang ada di dalam negeri yang melakukan sebuah pelayanan berupa sebuah angkutan dengan menggunakan Jasa Ojek. selain ini juga bisa mendapatkan berbagai macam layanan seperti : Layanan antar makanan, lalu antar paket dan bisa menggunakan pemakaian dari jasa perusahaan startup yang satu ini ( GOJEK ). 

Perusahaan gojek ini sendiri pertama kali di bangun atau berdiri di tahun 2010 oleh Nadiem Makarim, yang saat ini sudah menjadi menteri pendidikan dan juga kebudayaan bagi negara Indonesia. Didirikan sejak tahun 2010 di kawasan Jakarta. Para pengguna dari aplikasi Gojek ini sendiri sangat puas dengan adanya Ojol atau Ojek Online ( pengisi dari pelayanan Gojek itu sendiri ). Sampai pada akhirnya, Gojek ini terus saja meningkat hingga ke Tanah Thailand dan juga Vietnam. 

 

Contoh Startup Indonesia yakni TOKOPEDIA 

Dokumen Perusahaan Tokopedia Bocor ke Publik, Ini Detailnya

Jika Gojek sudah dari tahun 2010, maka Tokopedia didirikannya 1 tahun sebelumnya yakni 2009. Dimana, perusahaan ini langsung saja menggerakan bisnisnya di bidang E-Commerce sehingga bisa wajar saja jika perusahaannya menjadi Unicorn dan juga sangat amat berpengaruh sampai ke Asia Tenggara. Perusahaan ini awalnya didirikan langsung oleh Leontinus Alpha Edison dan juga W.Tanuwijaya. Sampai kini, Tokopedia sendiri merupakan marketplace yang terbanyak dipergunakan dan juga dikunjungi oleh masyarakat yang terdapat di Indonesia. 

Pelayanan dari Tokopedia yang langsung saja  siap melayani di setiap Individu. Toko kecil dan juga Brand ini tentu saja akan langsung mempermudah ketika siapapun bisa membuka toko online mereka sendiri. TOKOPEDIA juga sudah menjadi toko online yang paling baik di Indonesia dan juga banyak sekali dalam membantu banyak sekali orang dalam berbelanja kebutuhan-kebutuhan mereka dengan cara online dan juga sangat amat mudah. 

 

Contoh Startup Indonesia yakni TRAVELOKA 

Traveloka FAQ: How To Stay Up-to-date With Promos - Traveloka Philippines Blog

Kurang lebih sama dengan Tokopedia, dimana startup ini bermain dengan pelayanan dalam sebuah pemesanan melalui aplikasi , namun untuk Startup ini main ke dalam pelayanan tiket Pesawat, Bus, Kereta Api dan juga Tiket Hotel dengan cara daring yang langsung saja berfokuskan pada sebuah perjalanan domestik yang mana ada di Indonesia. Namun, untuk saat ini memang adanya sebuah tiket pesawat saja , Traveloka nyatanya bisa membantu pelayanan dari penerbangan hingga menuju ke luar negeri baik di Eropa dan Asia. 

Perubahan ini lantas saja dibangun oleh Albert Z, Derianto K dan terakhir Ferry Unardi. Lalu untuk Startup ini tentu saja akan sangat amat mudah bagi kalian yang memang ingin langsung saja terbang ke Luar Negeri dengan naik pesawat terbang. Dari Traveloka inilah kalian bisa mendapatkan tiketnya secara langsung. Aplikasi ini bisa saja tersedia di Google Search Console. 

Itulah beberapa level dari Startup yang bisa kami berikan untuk kalian semua. Referensi dari penulisan ini sudah terbit sebelumnya di idcloudhost dengan judulnya mengenal Unicorn – Decacorn – dan Hectocorn dalam dunia startup. Terima Kasih.